Larangan Ekspor Sawit, Butuh Menjerit

    Larangan Ekspor Sawit, Butuh Menjerit
    Pekerja sawit sedang menimbang tandan sawit

    Jakarta - Kebijakan melarang ekspor sawit dan produk turunannya diharapkan dapat ditinjau ulang supaya tidak merugikan kesejahteraan pekerja dan buruh sawit. Hal ini diungkapkan Nursanna Marpaung, Sekretaris Eksekutif JAPBUSI usai rapat koordinasi pada, Selasa (26 April 2022).

    “Ketakutan kami sangat beralasan karena aktivitas pekerja di rantai pasok minyak sawit akan melambat atau bahkan berhenti. Tidak menutup kemungkinan, pekerja bisa kehilangan pekerjaannya atau kesejahteraannya akan menurun, ” ujar Nursanna dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

    Ia mengatakan 70% produksi sawit nasional ditujukan ke pasar ekspor. Artinya konsumsi dalam negeri sekitar 30% saja untuk penggunaan biofuel dan minyak goreng. Idealnya pasar ekspor menjadi keharusan. Sebab, kelangkaan minyak goreng bukan disebabkan kekurangan bahan baku.

    “Memang penegakan peraturan hukum harus ditingkatkan menyasar oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab merupakan hal yang utama. Selain itu, kemudian tata kelola rantai pasok perlu dibenahi agar tidak berisiko mengganggu kelangsungan usaha dari pekerja maupun pengusaha sembari upaya-upaya menurunkan harga tetap dilakukan” ungkap Nursanna yang juga menjabat Ketua Umum F-HUKATAN.

    Nasi Goreng Gila
    market.biz.id Nasi Goreng Gila
    20% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Ia menegaskan kebijakan larangan ekspor akan mengancam hampir 5 juta pekerja di sektor hulu sawit, diantaranya 2 juta lebih petani dengan total keseluruhan pekerja sampai rantai pasok, itu mencapai 16, 2 juta pekerja.

    “Jika penurunan produksi akibat larangan ekspor minyak goreng ini terjadi, bisa jadi kita akan mengalami skenario terburuk, yaitu penurunan kesejahteraan pekerja dan petani sawit” tegasnya.

    Dilansir dari majalah sawit Indonesia, Seluruh federasi serikat pekerja yang tergabung dalam JAPBUSI berharap skenario terburuk itu tidak akan terjadi, kita percaya bukan itu tujuan dari pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng ini.

    “Kami mendukung Presiden untuk menyelesaikan masalah dengan tuntas tanpa menimbulkan permasalahan baru. Sementara itu, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian serta Kementerian terkait harus tegas mengambil tindakan dan tidak berubah-berubah agar mengurangi ketidakpastian di kalangan produsen yang pada akirnya dapat berpengaruh kepada kesejahteraan buruh” jelasnya.

    JAPBUSI sebagai wadah Kerjasama lintas serikat pekerja/serikat buruh sawit Indonesia mengucapkan selamat hari buruh atau May day 2022, dengan semangat pulih bersama, berdialog bersama, dan maju bersama, khusunya bagi pekerja/buruh setidaknya dapat mempertahankan atau bahkan dapat meningkatkan kesejahteraannya. Pada saat ini, JAPBUSI beranggotakan 10 federasi SP/SB yang terafiliasi dengan 4 konfederasi serikat pekerja/serikat buruh Indonesia yakni: FSB-HUKATAN, FSB-KAMIPARHO, FSB-NIKEUBA, FP4K-SARBUMUSI, F-KUI, F-LOMENIK, F-SPPP KSPSI CAITU, FSPPP-SPSI, F-NIBA, F-TA. 

    Sawit ekspor sawit JAPBUSI
    Tomi E

    Tomi E

    Artikel Sebelumnya

    Kabareskrim Polri Tegaskan Komitmen Tangani...

    Artikel Berikutnya

    Sufmi Dasco: Masalah Emisi Karbon Perlu...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 183

    Postingan Tahun ini: 3236

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 142

    Postingan Tahun ini: 2483

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 73

    Postingan Tahun ini: 600

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 60

    Postingan Tahun ini: 726

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    Narsono Son verified

    Semarak HDKD ke -77, Bapas Kelas II Nusakambangan Ikuti Aksi Donor Darah
    Kakanwil Kemenkumham Jateng Ajak Jajarannya Sosialisasikan RKUHP
    Warga Binaan Lapas Purwokerto Terima Pelatihan Pertukangan Kayu
    Kalapas dan Jajaran Lapas Narkotika Purwokerto Ikut Partisipasi Program SDM Berakhlak 

    Rekomendasi

    DPRD Kalteng Sudah Persiapkan Raperda Wilayah Pertambangan Rakyat
    Gotong Royong Bersama, Bukti Anggota Kodim 1008/Tbg Selalu Hadir di Tengah Masyarakat 
    Rektor Kukuhkan 4 Guru Besar Baru
    Bupati Lambar Parosil Mabsus Boyong Dua Penghargaan Bergengsi Sekaligus Dari Dua Media Terkemuka Dan Terbesar Di Lampung
    Peringati HUT RI Ke-77, Kapolsek Manyar dan Forkopimcam bagikan Ratusan Bendera Merah Putih Kepada Pengguna Jalan

    Ikuti Kami